Penutupan KKN BKKBN Desa Ploso

Sidoarjo, 14 November 2023 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) BKKBN kelompok 3 Umsida mengakhiri periode kunjungan KKN-T dengan penuh keceriaan dengan Masyarakat Desa Ploso, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan penutupan ini menandai akhir dari upaya pencegahan stunting yang telah dilakukan selama beberapa minggu oleh mahasiswa KKN-T.

Sebagai bagian dari program penutupan, LAZISMU (Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Muhammadiyah) memberikan dukungan berupa bingkisan untuk masyarakat dengan indikasi stunting. Bingkisan tersebut berisi daging rendang kalengan siap makan yang kaya akan protein dan mie instan, memberikan solusi praktis untuk memastikan asupan gizi yang memadai.

Acara penutupan dihadiri oleh kepala desa, dosen pembimbing lapangan, perangkat desa, bidan desa, kader desa, masyarakat dengan indikasi stunting dan, mahasiswa KKN BKKBN Kelompok 3. Para mahasiswa memaparkan ringkasan kegiatan yang telah mereka lakukan selama periode KKN BKKBN, terutama dalam upaya pencegahan stunting di kalangan anak-anak. Presentasi disertai dengan testimoni dari bidan desa yang merasakan dampak positif dari penyuluhan dan program yang telah dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, dosen pembimbing lapangan perwakilan pihak LAZISMU menyampaikan harapannya bahwa bingkisan yang disediakan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemenuhan gizi anak-anak yang membutuhkan perhatian lebih. “Kami berharap bahwa bingkisan ini dapat memberikan nutrisi yang baik untuk anak-anak dan membantu dalam upaya mencegah stunting di Desa Ploso,” ujar dosen pembimbing lapangan.

Kepala Desa Ploso juga mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya mahasiswa KKN BKKBN dan sumbangan dari LAZISMU. “Kami berterima kasih kepada mahasiswa yang telah memberikan waktu dan pengetahuan mereka untuk membantu masyarakat kami. Juga terima kasih kepada LAZISMU yang telah memberikan dukungan nyata untuk kesejahteraan anak-anak di desa ini,” ucapnya.

Sebelum acara penutupan berakhir, mahasiswa KKN BKKBN Kelompok 3 juga memberikan apresiasi berupa hadiah kenang-kenangan kepada pihak desa yang diserahkan kepada bidan desa. Acara ditutup dengan penuh haru dan kebersamaan, menandai akhir dari sebuah perjalanan bermakna untuk kesejahteraan masyarakat Desa Ploso.