Pagi ini, Rabu 14 Nopember 2018 merupakan hari yang bersejarah bagi 48 lulusan DIII Kebidanan dan 54 lulusan DIV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIKES UMSIDA. Pasalnya, hari ini adalah hari yang dinanti-nanti setelah menempuh pendidikan di bangku perkuliahan selama 3 tahun bagi lulusan DIII Kebidanan dan selama 4 tahun bagi lulusan DIV Teknologi Laboratorium Medis. Hari ini mereka yang lulusan DIII Kebidanan akan resmi menyandang gelar Ahli Madya Kebidanan sedangkan lulusan DIV TLM akan menyandang gelar Sarjana Terapan Kesehatan di belakang nama mereka.

“Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Program Studi DIII Kebidanan dan DIV Teknologi Laboratorium Medis” menjadi acara utama pagi ini. Untuk kelancaran acara pagi ini, sudah diadakan gladi bersih pada hari sebelumnya agar semua pihak yang terlibat mengetahui proses dan peran selama pelantikan berlangsung. Pada acara tersebut diharapkan kehadiran lulusan mengingat pentingnya acara esok harinya. Pelantikan dan pengambilan sumpah kali ini terasa spesial karena untuk pertama kalinya Prodi TLM melantik lulusannya. Pada tahun-tahun sebelumnya hanya Prodi Kebidanan saja yang mengadakan acara pelantikan. Prodi TLM yang berdiri sejak Tahun 2014 meluluskan angkatan pertamanya tahun 2018 ini.

Dimulai dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya disusul MARS Muhammadiyah, acara pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung khidmat. Dengan memakai gaun dan kebaya syar’i dan mahasiswa juga tampak gagah dengan setelan jasnya, ke-102 lulusan duduk rapi mengikuti setiap rangkaian acara. Tak lupa mengundang pejabat Rektorat UMSIDA, clinical instructure dari berbagai lahan praktik, perwakilan BEM dan HIMA FIKES, serta seluruh civitas akademik dan non akademik di FIKES untuk turut menyaksikan acara sakral ini.

Pada acara inti Wakil Pengurus Daerah IBI Djauharoh A. Hadie M Kes bertindak untuk melantik 48 lulusan Ahli Madya Kebidanan. Sedangkan lulusan Sarjana Terapan Kesehatan dilantik oleh Ketua DPW PATELKI JATIM Bapak Suhardi. Dilanjutkan dengan acara pengambilan sumpah secara bergantian dengan disaksikan Bapak Budi Hariyanto selaku rohaniwan. Masing-masing perwakilan lulusan kemudian menandatangani naskah sumpah dengan disaksikan rohaniwan dan pelantik.

Acara yang semula khidmat berubah menjadi riuh setelah diumumkannya lulusan terbaik DIII Kebidanan dan DIV TLM. Lulusan terbaik kebidanan bernama Lhufi Afriani sedangkan lulusan terbaik teknologi laboratorium medis bernama Intan Febiola dengan. Para lulusan terbaik ini mendapat apresiasi dan bingkisan kenang-kenangan dari fakultas.

Dalam sambutan penutupnya, Hesty salah satu perwakilan lulusan berpesan kepada semua lulusan agar dapat mengamalkan ilmu dengan baik dengan memperhatikan norma agama dan kode etik, serta tidak pernah membedakan kasta sosial pasiennya. Semoga semua lulusan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mampu menjadi panutan yang baik untuk semua orang. (Iid)

 

 

 

 

 

 

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *