Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

All fields are required.

Close Appointment form

Profil

D4 Teknologi Laboratorium Medis UMSIDA merupakan salah satu program studi Universitas Muhammadiyah sidoarjo dibawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan yang bergerak dibidang kesehatan. Berbekal izin yang diberikan oleh kementerian pendidikan tinggi dan surat rekomendasi langsung dari Kementerian kesehatan untuk pendiriannya, program studi  yang terhitung baru ini terus melakukan perbaikan dan memacu diri untuk maju dan berkembang.  Selain itu, Untuk memperoleh pengakuan standart kelayakan dari DIKTI, Prodi Teknologi Laboratorium Medis UMSIDA mengajukan diri untuk bisa di Visitasi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan tepatnya pada bulan Juli  2015 Program Studi D-4 Teknologi Laboratorium Medis Umsida TerAkreditasi oleh BAN-PT.

Dengan berbekal SDM yang produktif, energik, inovatif, dan semangat kerjasama serta adanya dukungan universitas, prodi yang bertekad untuk menjadi program studi pilihan yang menghasilkan tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medis yang kompeten dan berdaya saing tingkat nasional ini terus berusaha melakukan terobosan dan  pengembangan guna meningkatkan layanan dan kualitasnya.

Tercatat dalam 2 tahun perjalanannya berbagai pengembangan guna peningkatan kualitas telah dilakukan oleh prodi d4 Analis Kesehatan Umsida baik dalam hal akademik, kegiatan mahasiswa, fasilitas, SDM, maupun kerjasama dengan instansi luar. Dalam hal fasilitas Prodi d-IV analis kesehatan UMSIDA telah memiliki  5 laboratorium yakni :

  1. Laboratorium Kimia Dasar
  2. Laboratorium kimia Terapan
  3. Laboratorium Patologi Klinik
  4. Laboratorium Mikrobiologi
  5. Laboratorium Parasitologi

Laboratorium yang ada dilengkapi dengan peralatan yang mendukung seperti : Mikroskop, Laminar Air Flow, Microtom, Autoclav, Fotometer, centrifuge, Hemostat analyzer, dll.

Dalam bidang kerjasama, program studi ini telah memiliki kerjasama dengan beberapa instansi yakni : RS Siti Khodijah, RS Siti Fatimah, RS Muhammadiyah Gresik, RS. Muhammadiyah Lamongan, Lab Klinik Parahita, Lab Klinik Jenggolo, BBLK Surabaya.

Peluang karir D4 Teknologi Laboratorium Medis

Lulusan D4 Teknologi Laboratorium Medis memiliki beragam kesempatan di lapangan kerja di bidang kesehatan (instansi kesehatan) dan pendidikan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki antara lain:

  1. Kepala / Staf di Laboratorium Klinik
  2. Rumah Sakit Pemerintah atau swasta,
  3. Laboratorium Kesehatan daerah,
  4. Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),
  5. Lab Forensik Kepolisian,
  6. Lembaga penelitian SAINS (LIPI, Biofarma),
  7. Pengajar SMK
  8. Dosen.
  9. Laboratorium Patologi Anatomi
  10. Industri makanan dan minuman, obat, kosmetik karena dalam kurikulum pengajarannya terdapat mata kuliah Kimia Analitik, Kimia Makanan dan Minuman, Kesehatan Keselamatan Kerja, serta Toksikologi.