Prodi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo awal mulai dirintis pada tahun 2011 tepatnya pada bulan September berbekal SK No.E.6/100/BPH-UMSIDA/IX/2011 tentang Pendirian Prodi dari Badan Pengurus Harian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Awal didirikan prodi Teknologi Laboratorium Medis UMSIDA bertempat di gedung kampus AKBID Siti Khodijah Muhammadiyah Sepanjang yang saat ini sudah melebur dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Kemudian Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 520/B/O/2013 perihal Izin Peleburan Akademi Kebidanan Siti Khodijah Sepanjang Ke Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada tanggal 25 Oktober 2013 AKBID Siti Khodijah Muhammadiyah Sepanjang bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Kampus 4 UMSIDA).

Dalam proses pendirian dan pembukaan program studi, untuk menjaga mutu program studi dilakukan visitasi oleh perwakilan dari Organisasi Profesi (PATELKI), Dinas Kesehatan dan Dirjen DIKTI guna memantau dan mengevaluasi persyaratan kelengkapan-kelengkapan yang telah distandartkan baik dari segi SDM maupun fasilitas serta alat-alat laboratorium. Selain pengurusan izin dari Dirjen DIKTI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tim pendirian prodi juga mengajukan rekomendasi pendirian prodi secara langsung kepada Kementrian Kesehatan RI.

Berbekal Surat Rekomendasi Kementerian Kesehatan RI No:TU.02.05/1.2/00500/2013 dan Surat izin penyelenggaraan Dirjen DIKTI Kemendikbud No: 3678/E1.3/HK/2014 program studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah dioperasionalkan. Untuk menjamin kualitasnya dan memperoleh pengakuan standart kelayakan dari DIKTI, Prodi Teknologi Laboratorium Medis UMSIDA mengajukan diri untuk bisa di Visitasi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan tepat pada tanggal 10 Juli 2015 Prodi Analis Kesehatan dinyatakan Telah Terakreditasi oleh BAN-PT melalui SK BAN-PT No.772/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/VII/2015. Untuk menunjang perkembangannya, tepat pada tanggal 18 Mei 2016 Prodi Teknologi Laboratorium Medis mendaftarakan diri dan tergabung sebagai anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Analis Kesehatan Indonesia (AIPTAKI).